Ketangkasan Domba Garut, Jawa Barat

Dalam Jawa Barat, khususnya Garut, berada salah satu kesenian yang amat top pada tempat publik yang dinamakan seni ketangkasan domba garut. Kesenian tersebut merupakan warisan budaya yang diturunkan memasuki turun-temurun dari generasi menuju generasi hingga kini sehingga kesenian ini tetap sangat lestari.

Dulunya saya cuma akrab bahwa jenis domba tersebut populer akan kelezatan dagingnya dan kelasnya kulitnya yang bebernya ialah salah satu kulit terbaik yang ada dalam global. Seorang pengalaman unik tentang domba ini, tukang sate langganan saya, saking fanatiknya, ia cuma berjualan sate sekedar menikmati daging domba Garut, andai stock domba itu kosong dia tutup warungnya, hehehehe fanatik tinggat tinggi.

kontes domba Garut
Pekan kemarin saya mengunjungi sebuah kontes ketangkasan domba Garut . Saya tidak perlu susah-susah untuk pergi ke Garut, dikarenakan kontesnya juga kebetulan dilangsungkan dalam area kampus saya. Sebab tersebut kans langka, bukan pikir-pikir panjang saya langsung datang saja ke kompetisi kontes, pingin tunggu langsung wujud domba yang namanya amat terkenal dalam seantero bumi perdombaan ini hehehehe. Menurut sejarahnya, domba Garut ialah domba hasil persilangan diantara domba lokal asli Indonesia dan domba luar (Asia dengan Afrika). Hasil persilangan itu merebut domba unggulan yang memperoleh ciri-ciri ukuran badan besar, badan tinggi, stamina kuat, serta level agresivitas yang tinggi. Domba macam ini semula kali dikembangkan di daerah Garut, dikarenakan itulah domba unggulan ini diberi nama domba Garut.

keindahan tanduk, satu diantaranya parameter pandangan
Balik lagi menuju ajang kontes, seusai melongok langsung wujud asli domba ini, saya langsung “terpikat” dengan macam domba ini hehehehe. Wujud domba tersebut berbeda dengan domba-domba yang sempat saya tunggu sebelumnya, berbadan besar lebar, tinggi, kekar, tanduk yang kokoh, serta cenderung agresif. Bukan salah lagi domba itu memang jenis domba spesial, pantes aja namanya demikian mendunia hehehehe. Kontes terdiri dari beraneka kategori, seandainya nggak salah ada kategori seni pertandingan ketangkasan, raja petet, raja kasep, dengan raja pedaging. Yang sangat banyak menyenangkan peminat pengunjung adalah seni laga ketangkasan. Sepertinya inilah kategori yang wajib bergengsi pada diantara kategori kontes lainnya. Biaya domba berhasil melambung tinggi kalau domba dapat kampiun, dengan tentunya nama padepokan domba yang bersangkutan menjadi terkenal.

Sebelum berkompetisi di seni ketangkasan domba, domba-domba dibagi jadi strata A, strata B, dengan strata C sesuai juga berat badan domba. Kalau saya sih menyebutnya kelas A untuk kelas berat, strata B tingkat menengah, dan tingkat C demi kelas ringan hehehe. Regulasi yang diterapkan juga tetap ketat dalam pertandingan ketangkasan, suatu ini dimaksudkan untuk domba tak tersakiti, menjunjung tinggi prinsip animal wellfare. Pukulan maksimal yang diperbolehkan cuma sebanyak 20 kali di satu pertandingan. Pertandingan ketangkasan dipimpin menurut wasit serta diawasi menurut dewan hakim, dengan dewan juri. Kriteria jawara ditentukan tapi kualitas pukulan, style berlaga, ketangkasan, keindahan fisik, kelincahan, juga sebagainya. Pada pada arena dua ekor domba berkompetisi agresivitas. Jual beli tandukan silih berganti antara dua ekor domba itu. Percaya atau tidak, bagi saya level kecerdasan domba tersebut tinggi, ketika disuruh pelatihnya mundur, mereka nurut mundur, dan saat disuruh maju, merekapun ofensif tanpa ragu. Uniknya pertandingan ketangkasan ini begitu juga diiringi tapi musik tradisional Sunda demi makin memeriahkan suasana. Selama pertandingan, seluruh pemilik domba dan teman-teman sepadepokan akan menari demi memberikan gelora semangat kepada domba yang sedang berlaga pada pinggir arena. Suasana keceriaan kelihatan tambah hanya sekali, bagaimanapun sedang berlaga semua happy hehehehe.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s